Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 28 Juli 2011

Jatim Siap Cetak Pesilat Dunia

Cetak Pesilat Dunia

Surabaya – Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Timur berobsesi melahirkan deret pendekar kaliber dunia. Para pendekar tanpa tanding itu ditargetkan mampu mengibarkan “Merah Putih” di pentas dunia dengan menjuarai kejuaraan-kejuaraan internasional.
Demikian Ketua Umum Pengprov IPSI Jatim Drs Rasiyo dalam sambutan pelantikan pengurus IPSI Jatim periode 2011-2015 di Gelanggang Remaja, Rabu (30/3).
Menurut dia, Jatim memiliki banyak potensi pesilat tangguh yang telah terbukti mampu mengukir prestasi di kejuaraan nasional, regional dan tingkat dunia. 
"Program pembinaan yang sudah berjalan selama ini akan terus ditingkatkan. Apalagi, IPSI Jatim juga segera memiliki padepokan silat yang akan menjadi tempat penggemblengan atlet-atlet masa depan," katanya. 
Saat ini IPSI Jatim, diakui, fokus dalam menyiapkan atlet untuk menghadapi kejurnas sekaligus prakualifikasi PON 2012. Targetnya memborong sebanyak mungkin tiket atlet untuk berlaga dalam PON 2012 di Riau.
"Dalam PON 2008, Jatim berhasil menjadi juara umum cabang olahraga pencak silat. Perolehan medalinya saat itu empat emas, sementara target di PON 2012 gak muluk-muluk. Jatim harus mampu mempertahankan predikat juara umum cabor pencak silat," ujarnya. 
Sedangkan Ketua Harian Pengurus Besar IPSI H. Muchdi PR seusai melantik mengatakan, obsesi IPSI Jatim itu diyakini mampu dibuktikan. Itu sudah dibuktikan dengan sumbangan pesilatnya dalam Pelatnas yang menempati predikat terbanyak. 
Kendati demikian, mantan Kasdam V Brawijaya ini berpesan, prestasi juara umum PON 2008 ada baiknya dipertahankan saat perhelatan PON di Riau. Sukses itu untuk membuktikan, bahwa kualitas pembinaan cabor pencak silat di Jatim masih yang terbaik. Selain itu, dengan mempertahankan predikat juara umum akan membuktikan, Jatim layak dijadikan barometer nasional dalam membina atlet pencak silat sebagaiama yang terjadi di tahun 1980-an dan 1990-an.
Pada kesempatan itu pula, Ketua Umum KONI Jatim H. Saifullah Yusuf mengatakan, pencak silat merupakan salah satu dari lima cabor andalan Jatim yang telah banyak mengukir prestasi di tingkat internasional. 
"Saya ingin Jatim menjadi salah satu pusat pembinaan pencak silat dan kalau perlu program pelatnas digelar di Jatim. IPSI Jatim juga segera memiliki padepokan silat untuk pusat pembinaan atlet," ujarnya. m21

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Silat Indonesia